Apa Itu OTT ? Yux Baca Bareng Sekilas Tentang OTT

OTT (Over The Too) merupakan layanan dengan konten berupa data, informasi, atau multimedia yang bejalan melalui jaringan internet. Layanan OTT umumnya menumpang pada jaringan internet milikuah operator telekomunikasi. Singkatnya, untuk bisa mengakses OTT ini, pengguna harus mengandalkan jaringan internet, yang notabene dimiliki oleh operator telekomunikasi.

Dewasa ini, layanan OTT makin tumbuh subur seiring dengan perkembangan internet dan smartphone. Akhirnya aplikasi layanan OTT menjadi indentik dengan platr mobile. Penyebabnya jelas, yaitu perkembangan ponsel yang semakin"pintar" dan koneksi internet yang saat ini sudah memasuki generasi keempat. Kegiatatn berselancar di dunia maya tak melulu di lakukan di komputer desktop saja. Maka para penyedia Layanan OTT berlomba lomba menyediakan konten versi mobile untuk mengakomodasi kebutuhan penggunanya.


Untuk bisa menjalankan fungsi dengan baik, setidaknya ada tiga unsur yang harus di penuhi oleh sebuah layanan OTT, yakni :
  • Telco World
  • Telco World merupakan ranah di mana para penyedia layanan telekomunikasi berada. Telco World di isi oleh ISP (Internet Service Provider) dan penyedia layanan jasa telekomunikasi dan internet. Tugas Telco World adalah menyediakan infrastruktur interne, jaringan internet yang nantinya menunjang jalan fungsionalitas sebuah layanan OTT. Di Indonesia, yang termasuk dalam Telco Wprld adlah Telkom, XL, Axiata, Indosat Oooredoo, dan para provider telekomunikasi lainya yang berbasis di Indonesia.
  • OTT World 
  • OTT World dapat di artikan sebagai tempat dimana para pengembang aplikasi berbasis OTT berada.
  • OTT Service
  • OTT Service dapat didefinisikan sebagai semua bentuk produk layanan di dunia digital melalui aplikasi OTT yang memanfaatkan koneksi internet dari Telco World. Namun tidak semua aplikasi online dapat di sebut aplikasi berbasis OTT. Kunci utama OTT adalah menumpang pada jaringan internet provider. Aplikasi online seperti TV on demand, dimana pengguna bisa mengakses dan mengontrol siaran yang di tonton pengguna jaringan internet tidak di kategorikan sebagai OTT. Pasalnya, untuk bisa mengaksesnya pengguna harus berlangganan TV kabel yang sebelumnya sudah bekerja sama dengan penyedia layanan internet tertentu. Sementara layanan OTT murni menumpang pada jaringan internet milik provider.
Beberapa situs dan aplikasi yang bisa dikatakan sebagai layanan OTT antara lain, Facebook, Google, Twitter, Line, Whatsapp dan banyak lagi.

Terimaksih atas sinyal.co.id sumber artikel yang di dapat semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Berita Heboh Artis Pesulap Limbad Dikabarkan Meninggal Dunia